Friday, December 30, 2011

Materi SIM Kompenen Utama Komputer



A. PERANTI KERAS  (HARDWARE)
            Sebuah komputer  terdiri dari  berbagai macam kompenen yang ada didalamnya yang biasa kita sebut dengan istilah  hardware (peranti keras ). Kompenen – kompenen ini akan bekerja sama untuk memproses data yang ada ketika diperintahkan.

Komponen – kompenen Utama Komputer :
1.      Prosesor adalah tempat pemrosesan data utama pada sebuah komputer .
2.      Memory adalah sebuah tempat penyimpanan data sementara untuk kemudian diproses oleh prosesor. Sering juga disebut dengan RAM ( Random Access Memory ).
3.      Ruang penyimpanan (Storage)  adalah tempat penyimpanan data permanen di dalam komputer.
4.    Alat Input (input devices) adalah sebuah alat yang kita gunakan untuk memasukkan data kedalam sebuah komputer. Contoh : Keyboard , mouse, scanner, webcame, dan microfone.
5.  Alat Output (Output devices) adalah alat yang digunakan untuk menampilkan data yang ada didalam komputer dalam bentuk yang berbeda. Contoh : Monitor , printer, speaker,

B. ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI
            Komputasi pribadi telah lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro. Komputer mikro sering juga disebut Personal Computer (PC) oleh masyarakat, yaitu sebuah komputer yang dapat dioperasikan oleh satu orang.
Contoh Alat Komputasi Pribadi:  Handphone , PDA/XDA, Smartphone
Fitur-fitur menarik dari alat komputasi pribadi :
1. Telepon seluler dengan pesan dan video interaktif
2. Telepon seluler cerdas
3. Jaringan Rumah
         Pemasangan modem
Pemasangan modem untuk komputer rumahan biasanya dilakukan oleh teknisi dari ISP tempat kita berlangganan.Apabila ada beberapa komputer di satu tempat, dapat dilakukan  pembagian koneksi dengan menggunakan router.
3. Virus
            Ada tiga aspek keamanan yang memiliki arti penting bagi komputer mikro:
1.        Update ( Perbaruan ) Sistem Operasi & Aplikasi
             Tidak ada suatu hal yang sempurna. Sama halnya dengan suatu sistem operasi/ operating system (OS). Sistem Operasi akan selalu memiliki celah yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh pihak ketiga untuk melakukan sesuatu yang buruk. Dengan mengupdate secara rutin  celah-celah yang ada akan dapat ditutup perlahan, sehingga dapat meminimalisi resiko penyalahgunaan oleh pihak ketiga, terutama hacker.
2.        Virus
            adalah suatu program komputer yang didesain khusus oleh pembuatnya untuk menggandakan dirinya di dalam komputer korbannya secara terus menerus.
3.        Spyware
            adalah sebuah program komputer yang didesain khusus oleh pembuatnya untuk mencuri data dan informasi dari komputer korbannya untuk kemudian dikirimkan ke pembuat Spyware tersebut.

C. PERANTI LUNAK (SOFTWARE)
1. Peranti Lunak Sistem.
         Piranti lunak sistem (sistem software) atau yang disebut juga piranti lunak sistem operasi, menjelaskan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh  pengguna dari satu komputer tertentu.
Contoh System software : Microsoft Windows, LINUX, MAC OS.

2. Peranti Lunak Aplikasi.
     Terdiri dari :
a. Peranti lunak aplikasi siap pakai
     adalah , diproduksi oleh pemasok dan dijual kepada pengguna . artinya pengguna dapat menggunakan peranti lunak yang telah dikembangkan oleh progmer – proggamer yang telah berpengalaman tanpa harus memperkerjakan proggamer sendiri atau belajar bagaiman membuat program .
b. Peranti lunak aplikasi khusus
       Terkadang sebuah organisasi memiliki operasi yang unik . Dalam kasus seperti ini ,bisnis mungkin memiliki proggamer aatu sekelompok proggamer konsultannya sendiri yang menulis peranti lunak untuk memenuhi kebutuhannya .
c. Piranti  lunak yang ditulis oleh pengguna
     Pengguna akhir membuat peranti lunak aplikasi dalam jumlah signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam tugas –tugas pekerjaannya.
Contoh : Tuneup-Utilities, Nero, Microsoft Office, Internet Explorer.

3. Peranan Piranti Lunak yang mudah digunakan pengguna.
                 Piranti lunak komputer yang sederhana dan penggunaannya intuitif sering kali di katakan mudah digunakan pengguna (user friendly). 
Katerisitik Aplikasi yang mudah digunakan :
·         Dialog yang dipandu untuk mengarahkan pengguna sehubungan dengan data apa yang dibutuhkan, format yang diminta dan masalah – masalah lain yang serupa .
·         Menu , daftar perintah dengan langkah – langkah yang ditampilkan kebawah dan icon.
·         Pola dan formulir – formulir isian.
·         Bantuan yang sensitif pada konteks.
·         Antarmuka berbentuk grafis dengan menggunakan simbol – simbol terstandarisasi.

D. KOMUNIKASI
1. Komunikasi Publik :
v  Modem telepon  : merupakan alat  yang  menghubungkan sekitar setengah komputer rumah ke internet pada kecepatan 56 Kpbs (56.000 bit per detik).
v  Modem kabel   : merupakan alat yang menghubungkan ke kabel coaxial yang diberikan oleh penyedia layanan TV kabel kesebuah komputer untuk akses internet. Kecepatan moden ini sangat bervariasi    dengan kecepatan 2 Mbps sebagai kecepatan yang sering dipublikasikan dalam iklan – iklan penyedia layanan TV kabel.

2. Saluran Pribadi (private line)
     adalah , suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi .
Ø  Saluran sewaan (leased line)
Ø  Saluran khusus (dedicated line)

3. Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks)
              VPN mempunyai banyak keunggulan namun membutuhkan biaya yang sangat mahal paling tidak jika dibandingkan dengan koneksi internet.

4. Protokol untuk Komunikasi Komputer
            Komputer pada awalnya tidak dirancang untuk berbagai data dengan komputer lain, dan hanya dengan terminal – terminal . Terminal adalah suatu alat yang tidak memiliki ruang penyimpanan atau prosesor, terminal hanya menyediakan alat memasukkan dan   menampilkan data bagi komputer.

5. Paket
        Paket data adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat komputer yang dituju, komputer pengirim, dan informasi kendali lainnya.
        
6. Alamat jaringan internet
            Untuk menjalankan paket-paket melalui jaringan, setriap komputer yang menangani  paket data harus memiliki alamat yang unik. Ketika menjalankan paket-paket di internet maka akan dipergunakan Alamat IP yaitu empat bagian kumpulan angka (antara 0-225), yaitu jaringan, host, subjaringan, serta komputer yang sedang dituju, yang dipisahkan oleh satu titik.

E. JENIS -  JENIS JARINGAN
1. Jaringan Area Local ( Local Area Networks)
            adalah, sekelompok komputer dan alat – alat lainnya yang terkoneksi oleh satu media yang sama. Media ini biasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabel,  serat optik atau media lainnya . LAN biasanya menggabungkan komputer – komputer  yang secara fisik berdekatan, seperti berada dalam diruangan atau digedung yang sama .
2. Jaringan Area Metropolitan dan Jaringan Area Luas
 Metropolitan area networks (MAN) adalah, satu jaringan  yang memiliki batas fisik sebesar kurang lebih 30 mil. Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekata atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk       keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel.
3.    Wide Area Network (WAN),  
            Jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4.  Internet
            Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak compatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakuka halini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan Internet.
       Ekstranet adalah  jaringan pribadi  yang menggunakan  protokol  internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur, penjual, mitra,
       Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan local.
5. Wireless (Jaringan tanpa kabel),
              Adalah ,merupakan jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

F. KONVERGENSI KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
            Alat – alat komputasi dan alat – alat komunikasi kini saling menyertakan fitur – fitur yang dimiliki diantara keduanya . Kemungkinan – kemungkina yang ada dibatasi oleh usia baterai , kecepatan , komunikasi dan  keamanan , ukuran tampil dan keyboard serta imajinasi pengguna .
            Voice over internet protocol (VoIP) adalah perlewatan komunikasi suara melalui internet laksana komunikasi digital.  Setiapa sinyal suara dapat digitalisasi dan dikirimkan melalui Internet dan dimainkan kembali pada pengeras suara ditempat tujuaannya. Jika komputer memiliki sebuah mikrofon dan pengeras sura maka Anda dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan perlengkapan yang sama . Contoh : Skype (WWW.SKYPE.COM).

PENUTUP
Kesimpulan :
            Ternyata di dalam komputer terdapat sebuah komponen – komponen  yang semuanya berintegrasi atau saling bekerja sama dan membuat suatu sistem pemrosesan. Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Komponen dalam komputer satu sama lain saling mendukung dan bila salah satunya tidak bekerja dengan baik akan mengganggu dan membuat komputer tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Seperti pada proses jika tidak ada inputan maka tidak ada proses karena komputer tidak mengetahui apa yang harus di kerjakan jika tidak ada inputan, sedangkan output tidak bisa di hasilkan jika proses atau CPU tidak berjalan normal meski ada inputan, dan lagi suatu aplikasi tidak bisa berjalan tanpa adanya OS (Operating System) yang menjadi pendukung dan OS pun juga tidak bisa berjalan tanpa adanya CPU. Proses dalam computer perlu untuk kita ketahui agar kita bisa menggunakan computer secara maksimal sebagai penunjang kegiatan kita.

DAFTAR PUSTAKA

1.  McLeod, Raymond and Schell, George P. Management Information System, 10th edition. Pearson Education, Inc. New Jersey
2.  http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
3. http://dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/14056/Arsitektur_ko  mputer.doc

Comments
0 Comments
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment